29 Desember 2008

Cerita SPM IV di Ponpes NASA Gapura (2)

HARI KEDUA
Senin 29 Desember 2008

Pagi pertama di Gapura, kesejukan udara dan pemandangan alam yang indah adalah suasana pagi yang ditawarkan Gapura. Sebagian para siswa menikmati itu sambil berjalan-jalan santai, atau lari pagi. Sebagian yang lain berbaur dengan para santri NASA sambil duduk-duduk di depan teras pondok, mengobrol berbagai hal.

Kelas SPM baru masuk pukul 08.00. Memasuki hari kedua ini, para siswa menerima materi wawasan Sumenep, dengan tema; "Bedah Sumenep Pasca Suramadu". Tema ini sekaligus menjadi tema umum pelaksanaan SPM IV ini.

Ada 6 aspek kehidupan masyarakat yang dijadikan perspektif untuk membedah kondisi sosial di kabupaten Sumenep, yakni: Agama, Pendidikan, Budaya, Politik, Ekonomi dan Lingkungan. 6 aspek ini sekaligus menjadi sub materi yang disampaikan dalam dua kali sesi panel diskusi.

Panel diskusi pertama membincang Sumenep dalam perspektif Politik, Ekonomi dan Lingkungan. Tema politik disampaikan oleh Machmudi Zain (Ketua Dewan Pengurus Lakpesdam NU Sumenep), tema Ekonomi disampaikan oleh Halimi, SE., (pengamat ekonomi Sumenep) dan tema lingkungan disampaikan oleh Mastawi (Ketua Kelompok Pemuda Pecinta Lingkungan Hidup Sumenep).

Panel diskusi kedua dilaksanakan pada sore hari dari pukul 13.30 sampai pukul 16.30, membedah Sumenep dari perspektif Agama, Pendidikan dan Budaya. Sayangnya, pada sesi kedua ini, 2 orang narasumber yang akan berbicara mengenai agama dan pendidikan berhalangan hadir, sehingga Abrari Alzael (redaktur Jawa Pos Biro Sumenep), yang merupakan pembicara tema Budaya didaulat untuk menjelaskan 3 aspek sekaligus.

Pada sesi malam hari, diselenggarakan mini workshop dengan tajuk, "Menggagas Sumenep Pasca Suramadu". Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi hasil pemahaman siswa dari pengalaman belajar tadi siang. Tujuan berikutnya adalah mengajak para siswa untuk menggambarkan kondisi ideal kabupaten Sumenep di masa depan.

Mini-Workshop ini dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama adalah mengeksplorasi pemahaman siswa dari pengalaman belajar tadi siang. Seluruh siswa dibagi ke dalam 6 kelompok berdasarkan 6 aspek kehidupan. Hasil dari diskusi di masing-masing kelompok kemudian dipresentasikan dalam kesempatan sesi yang kedua.

Sesi hari ini diakhiri dengan Jurnal Harian dan Evaluasi Harian. (sunan)

(bersambung....)

1 komentar:

Lalu Lintas Tamu