02 Mei 2009

WOKSHOP COMMUNITY FOUNDATION BERBASIS PESANTREN

Guluk-Guluk - Setelah melaksanakan Workshop Pengembangan Organisasi dan Kelembagaan pada 2-3 April 2009 yang lalu, Biro Pengabdian Masyarakat Pondok Pesantren Annuqayah (BPM-PPA) menyelenggarakan Workshop Community Foundation Berbasis Pesantren. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Yayasan KEHATI Jakarta dimulai hari ini (02/5) hingga besok (03/5).

Dalam Laporan Kegiatan yang disampaikan oleh Koordinator Program, Ach. Sunandar, dijelaskan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari Workshop Pengembangan Organisasi dan Kelembagaan, namun melibatkan lebih banyak pihak. Selain dari pihak masyarakat sipil yang diwakili oleh LSM, Tokoh Masyarakat, perwakilan KSM, dan Pondok Pesantren, juga diundang perwakilan dari swasta dan pemerintah kabupaten Sumenep. Selain itu, Ach. Sunandar menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mendiseminasikan gagasan transformasi BPM-PPA menjadi Community Foundation. Diharapkan nantinya ada kesamaan pemahaman mengenai Community Foundation yang akan dijalankan BPM-PPA dan akan ada dukungan dari berbagai pihak yang terkait.

Hari pertama ini, dimulai dengan penyajian dari 3 narasumber. Yang pertama adalah Ibu Rika Anggraini, yang banyak menceritakan tentang gerakan filantropi dan perkembangannya di Indonesia. Ibu Rika juga menceritakan pengalamannya dalam menjalankan kegiatan filantropi di Persatuan Filantropi Indonesia ataupun di The Body Shop. Sharing dengan peserta banyak membahas tentang model-model filantropi dan pemahaman mengenai filantropi.

Sesi kedua dilaksanakan setelah rehat siang, pada pukul 13.30. Secara bergantian, Bapak Imazgee Togie (dari Dompet Dhuafa Republika) dan Hasyim (BPM-PPA) mempresentasikan makalah masing-masing. Imazgee Togie atau yang biasa dipanggil mas Ogie banyak menceritakan pengalaman Dompet Dhuafa dalam menjalankan gerakan filantropis di Indonesia. Sementara Hasyim menceritakan pengalamannya dalam melakukan studi banding ke JAVLEC di Jogja dan ke BESTARI di Lombok NTB.

Sesi terakhir, ditutup dengan dengan sedikit pengantar mengenai hal-hal yang akan dibicarakan pada hari kedua, serta melakukan kesepakatan jadwal dengan peserta.

(bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lalu Lintas Tamu